Selasa, 27 November 2007

Enterprise System

SCM (Supply Chain Management)
Perencanaan, pengelolaan dan koordinasi dari semua aktifitas rantai pemasokan.

Aliran Supply Chain

  • Aliran bahan mentah/material: Produk fisik, bahan mentah,atau pasokan.
  • Produk daur ulang, produk retur, barang terbuang.
  • Aliran data : Pengiriman, pemesanan, retur, dan penjadwalan.
  • Aliran Finansial : Transfer uang, pembayaran, informasi credit card information dan jadwal
                                         pembayaran

Komponen Supply Chain

  • Upstream: sumber bahan dari pemasok
  • Internal: pabrik, pemaketan (packaging), perakitan
  • Downstream: distribusi
  • Pergerakan dari produk / layanan, organisasi dan orang-orang yang terkait

Contohnya:
  • upstream: pabrik kimia, pabrik container plastik
  • Internal: susu+ tambahannya diproses, packaging susu+label+kotak karton/container                  plastik
  • Downstream: supermarket, toko

ERP (Enterprise Resource Planning)
Konsep penyatuan perencanaan, pengelolaan dan penggunaan semua sesumber dalam perusahaan


Software ERP:

  • SAP
  • ORACLE
  • PeopleSoft
  • Computer Associates

CRM (Customer Relationship Management)
usaha perusahaan untuk mendapatkan dan mempertahankan konsumen dengan dukungan IT (pada umumnya).

Tipe CRM

  • Operational CRM: aktifitas yang melibatkan pelayanan konsumen, pengelolaan pesanan,
                                           otomasi manajemen pembayaran dan pemasaran
  • Analytical CRM: aktifitas yang merekam, menyimpan, menyarikan, mengolah, mengartikan,
                                       dan melaporkan data konsumen ke perusahaan. user.
  • Collaboration CRM: berkaitan dengan semua kebutuhan komunikasi untuk berkoordinasi
                                              dan bekerja sama antara konsumen dan penjual.

Klasifikasi Aplikasi CRM

  • Customer-facing applications :
                             Pelanggan berinteraksi dengan perusahaan: help desk, service automation
  • Customer-touching applications:
                             Pelanggan berinteraksi dengan aplikasi perusahaan
  • Customer-centric intelligence applications:
                              Aplikasi analisis hasil proses operasional
  • Online networking applications
                             Jaringan online untuk membangun relasi dengan orang. Chat room dan                              discussion  board adalah alat-alatnya.

Organisasi Data dan Informasi

Database atau Basis Data

Data adalah fakta-fakta yang belum diproses atau apa adanya. Data-data yang terkumpul akan berguna dan mudah untuk diproses menghasilkan informasi jika tersusun secara baik. Database adalah kumpulan data yang disusun atau informasi yang tersusun dalam tabel-tabel yang saling berelasi. Kumpulan data yang serupa diwakili oleh suatu field, field adalah nama/kombinasi karakter yang menjelaskan/mewakili suatu aspek dari objek bisnis/aktifitas bisnis

Aplikasi Database

Proses manipulasi seperti pencarian, penyaringan, sintesis, dan penggabungan data dilakukan
dengan menggunakan aplikasi database. Dengan aplikasi database pengelola, operator dan pengguna dapat :
  • Terhubung ke database perusahaan melalui internet.
  • Setting Data Warehouse dan Data Mart
  • Menggunakan database untuk diolah dengan aplikasi Business Intelligence untuk
          meningkatkan produktifitas baik berupa produk maupun pengetahuan.
  • Data Warehouse = Data mentah perusahaandalam jumlah besar yang meliputi segala aspek dari proses bisnis, berbagai produk dan konsumen.
  • Data Mart = Bagian dari Data Warehouse
  • Data Mining = Software yang digunakan untuk menerapkan analisis informasi untuk menemukan
secara otomatis pola-pola dan relasinya dalam Data Warehouse atau Data Mart.
Data Mining bertujuan menemukan pola, trend dan aturan dalam Data Warehouse untuk evaluasi, prediksi atau menilai strategi bisnis
yang akan diajukan.

Jumat, 16 November 2007

Konsep Sistem Informasi

Kebutuhan Sistem Informasi
Sistem informasi dibutuhkan oleh semua organisasi. Sistem informasi terdiri dari data atau kumpulan informasi. Dalam bisnis,SI sangat berperan penting sebagai alat untuk memajukan suatu perusahaan,juga sebagai alat banding dengan perusahaan lain. Berikut ini adalah beberapa Sistem Informasi Bisnis :
  1. TPS (Transaction Processing System)TPS adalah bisnis proses pertama yang dikomputerisasi dan tanpa IS, pencatatan dan pengolahan transaksi bisnis akan menghabiskan banyak waktu. TPS melakukan operasi rutin seperti pemesanan dan pembayaran yang terjadiharian atau mingguan. Contoh TPS : Pendaftaran anggota baru,pendaftaran mahasiswa baru,dan pembayaran registrasi.
  2. MIS (Management Information System)MIS berupa laporan,yang sering digunakan para manager untuk mencapai tujuan. Laporan-laporan tersebut merupakan hasil pengolahan data-data yang masuk melalui TPS secara harian ataupun mingguan. Contoh MIS : Laporan rutin,laporan berdasar permintaan dan laporan khusus.
  3. DSS (Decision Support System)DSS adalah sekumpulan orang,peralatan,yang digunakan untuk memecahkan suatu masalah. DSS juga digunakan untuk mencapai suatu tujuan seperti halnya TPS,dan MIS. Contoh DSS : Perpustakaan yang menggunakan system ini untuk memudahkan mencari suatu buku.

Selasa, 13 November 2007

Teknologi Nirkabel: Telepon Selular (Ponsel)

Wireless Technology/teknologi nirkabel/wireless adalah teknologi elektronika yang beroperasi tanpa kabel. Wireless dapat dimanfaatkan untuk komunikasi, dan pengontrolan misalnya:

Untuk komunikasi, dikenal wireless communication yaitu transfer informasi,berupa apapun dengan jarak jauh tanpa menggunakan kabel contoh: ponsel,jaringan komputer nirkabel dan satelit. Masyarakat sudah akrab dengan teknologi nirkabel. Karena masyarakat Banyak menggunakan ponsel dan mulai banyak yang mengakses Internet melalui layanan hotspot.

TeknologTeknologi Transmisi Informasi Nirkabel

Ada 3 teknologi yang digunakan untuk mengirimkan/transmisi informasi secara nirkabel pada ponsel yaitu FDMA, TDMA dan CDMA. Ketiganya dapat dibedakan dari perbedaan cara pembagian akses yang diberikan. DMA adalah singkatan dari Division Multiple Access.

1. FDMA (Frequency Division Multiple Access) memisahkan spektrum menjadi saluran suara dengan membaginya menjadi bagian-bagian bandwidth yang sama besar

2. TDMA (Time Divistion Multiple Access) adalah teknologi akses yang digunakan oleh aliansi industri elektronik dan asosiasi industri telekomunikasi bandwidth dibagi berdasarkan3 slot waktu

3. GSM (GlobaGSM Global System for Mobile communication) menerapkan TDMA dengan menggunakan penyandian atau encryption untuk membuat panggilan telpon lebih aman. Untuk terkoneksi ke penyedia servis tertentu di negara-negara area tersebut pengguna GSM hanya perlu ganti kartu SIM (Subscriber Identification Module).

4. CDMA ( Code Division Multiple Access) menerapkan pengkodean pada data suara yang sudah didigitalkan. Setelah mendigitalkan data, CDMA menyebarkannya ke seluruh bandwidth yang tersedia.Teknologi CDMA adalah basis untuk Interim Standard (IS)-95 dan beroperasi pada frekuensi 800Mhz dan 1900Mhz.

Generasi Teknologi Jaringan Ponsel Generasi Ponsel

Pada generasi pertama (1G) ada NMT(Nordic Mobile Telephony) dan AMPS(Advanced Mobile Phone Service) . Di Indonesia operator AMPS adalah Komselindo. Teknologi ini menggunakan analog dan tidak lagi dimanfaatkan.

Generasi 2G paling populer dimana teknologi CDMA dan GSM menjadi pemain utama. Pada 2G ini dilengkapi juga dengan teknologi 2.5G yaitu GPRS (General Paket Radio Service) yang melengkapi GSM dan EDGE (Enhanced Data rates for Global Evolution) sebagai perkembangan dari GSM. Ada yang mengganggap EDGE sebagai 2.75G karena kemampuannya lebih dari GPRS. Kedua servis ini memungkinkan pengiriman data lebih cepat dan besar sehingga memungkinkan ponsel mengakses data dari Internet.

Teknologi 3G kemudian mulai meramaikan dunia ponsel dengan teknologi Wideband-CDMA (W-CDMA), CDMA 2000 MC multi carrier dan UMTS (Universal Mobile Telecommunication Service). Teknologi 3G ini memungkinkan pengguna ponsel dapat berkomunikasi tidak hanya dengan suara tapi juga dengan menampilkan video. Ponsel 3G seperti laptop kecil karena mampu mengakomodasi aplikasi broadband seperti video conferencing, menerima transfer video streaming dari web, mengirim dan menerima fax, dan secara cepat download email dan attachmentnya. Sementara 3G masih mulai mempopuler, teknologi 3.5G datang dalam bentuk HSDPA (High Speed Down-link Packet Access). HSDPA adalah protocol telpon bergerak berbasis paket untuk meningkatkan kapasitas dan kecepatan transfer data sampai 14.4Mbps per sel untuk download atau downlink dan 2 Mbps untuk per sel untuk upload atau uplink.

Selasa, 06 November 2007

Perkenalan

23070200-Jonathan H.S
S.I.
UKDW