Jumat, 16 November 2007

Konsep Sistem Informasi

Kebutuhan Sistem Informasi
Sistem informasi dibutuhkan oleh semua organisasi. Sistem informasi terdiri dari data atau kumpulan informasi. Dalam bisnis,SI sangat berperan penting sebagai alat untuk memajukan suatu perusahaan,juga sebagai alat banding dengan perusahaan lain. Berikut ini adalah beberapa Sistem Informasi Bisnis :
  1. TPS (Transaction Processing System)TPS adalah bisnis proses pertama yang dikomputerisasi dan tanpa IS, pencatatan dan pengolahan transaksi bisnis akan menghabiskan banyak waktu. TPS melakukan operasi rutin seperti pemesanan dan pembayaran yang terjadiharian atau mingguan. Contoh TPS : Pendaftaran anggota baru,pendaftaran mahasiswa baru,dan pembayaran registrasi.
  2. MIS (Management Information System)MIS berupa laporan,yang sering digunakan para manager untuk mencapai tujuan. Laporan-laporan tersebut merupakan hasil pengolahan data-data yang masuk melalui TPS secara harian ataupun mingguan. Contoh MIS : Laporan rutin,laporan berdasar permintaan dan laporan khusus.
  3. DSS (Decision Support System)DSS adalah sekumpulan orang,peralatan,yang digunakan untuk memecahkan suatu masalah. DSS juga digunakan untuk mencapai suatu tujuan seperti halnya TPS,dan MIS. Contoh DSS : Perpustakaan yang menggunakan system ini untuk memudahkan mencari suatu buku.

Tidak ada komentar: